PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Gumpang 01 Kartasura )
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VB SD Negeri Gumpang 01 Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10858/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika
siswa pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika dan
meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VB SD
Negeri Gumpang 01 Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah
sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta
siswa – siswa kelas VB yang berjumlah 28 orang sebagai subjek penerima tindakan.
Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan
hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bangun ruang.
Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi mengerjakan soal kedepan
kelas diakhir putaran mencapai 67.9%, memberi tanggapan dari jawaban siswa lain
pada akhir putaran 21.4%, mengajukan ide/tanggapan pada guru pada akhir putaran
17.8%, membuat kesimpulan pada akhir putaran 28.6%, dan memanfaatkan sumber
belajar pada akhir putaran 60.7%; sedangkan hasil belajar siswa meliputi
kemampuan mengkonstruksikan soal akhir putaran mencapai 68.75%, ketepatan
penggunaan rumus mencapai 85.71%, kemampuan proses perhitungan akhir putaran
mencapai 45.54%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode
pembelajaran dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep
bangun ruang sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
|
---|