HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3 - 5 TAHUN DI TK AISYIYAH 50 SURAKARTA

Anak merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya dan merupakan generasi penerus kita. Tercapainya perkembangan motorik kasar anak yang optimal merupakan hal yang diinginkan. Banyak yang mempengaruhi proses perkembangan motorik kasar anak, salah satunya adalah pengetahuan orang tua atau khususnya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDHI , SYIFACENTA KUMARA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10856/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Anak merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya dan merupakan generasi penerus kita. Tercapainya perkembangan motorik kasar anak yang optimal merupakan hal yang diinginkan. Banyak yang mempengaruhi proses perkembangan motorik kasar anak, salah satunya adalah pengetahuan orang tua atau khususnya pengetahuan ibu terhadap proses perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah 50 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observational korelasi dengan pendekatan kuesioner. Populasi penelitian adalah ibu yang memiliki anak usia 3 - 5 tahun yang bersekolah di TK Aisyiyah 50 Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 31 yang memenuhi syarat inklusi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan alat uji statistik Chie square dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah :(1). Proporsi pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik kasar anak dengan kategori pengetahuan tidak baik yaitu ada 16 ibu ( 51,6 %) dan pengetahuan stimulasi perkembangan motorik kasar anak kategori baik ada 15 ibu ( 48,4 % ). (2). Proporsi perkembangan motorik kasar anak di TK Aisiyah 50 Surakara dengan kategori tidak baik ada 12 anak ( 37,7 % ) dan ketegori baik ada 19 anak ( 61,3 % ) (3). Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3 - 5 tahun di TK Aisyiyah 50 Surakarta yang ditunjukkan dari nilai p < 0,05, sehingga berdasarkan analisis tersebut maka disimpulkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3 - 5 tahun di TK Aisyiyah 50 Surakarta.