ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Penelitian dilaksanakan di perusahaan percetakan CV. Bintang Pelajar di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAMADHAN, SAIFUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10847/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995181332660224
author RAMADHAN, SAIFUL
author_facet RAMADHAN, SAIFUL
author_sort RAMADHAN, SAIFUL
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Penelitian dilaksanakan di perusahaan percetakan CV. Bintang Pelajar di Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi. Populasi penelitian adalah harga jual, biaya promosi dan volume penjualan CV. Bintang Pelajar Surakarta tahun 2000 – 2005. Seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, sedangkan metode observasi dan interview sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan: Y = 129559007,732 + 27829,958.X1 + 7,248.X2. Pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,967, hal ini menunjukkan bahwa sekitar 96,7% variasi dari volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan promosi. Sedangkan sisanya sekitar 3,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (307,176 > 3,47) pada taraf signifikansi 5%, artinya harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel volume penjualan. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki pengaruh yang dominan terhadap volume penjualan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung variabel promosi (4,319) lebih besar dari thitung variabel harga. Artinya volume penjualan akan lebih meningkat jika promosi yang digunakan lebih intensif..
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10847
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10847 https://eprints.ums.ac.id/10847/ ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA RAMADHAN, SAIFUL HD28 Management Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Penelitian dilaksanakan di perusahaan percetakan CV. Bintang Pelajar di Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi. Populasi penelitian adalah harga jual, biaya promosi dan volume penjualan CV. Bintang Pelajar Surakarta tahun 2000 – 2005. Seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, sedangkan metode observasi dan interview sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan: Y = 129559007,732 + 27829,958.X1 + 7,248.X2. Pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,967, hal ini menunjukkan bahwa sekitar 96,7% variasi dari volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan promosi. Sedangkan sisanya sekitar 3,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (307,176 > 3,47) pada taraf signifikansi 5%, artinya harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel volume penjualan. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki pengaruh yang dominan terhadap volume penjualan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung variabel promosi (4,319) lebih besar dari thitung variabel harga. Artinya volume penjualan akan lebih meningkat jika promosi yang digunakan lebih intensif.. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10847/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10847/4/Bab_1_Dafpus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10847/7/BabK.pdf RAMADHAN, SAIFUL (2006) ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100020499
spellingShingle HD28 Management
RAMADHAN, SAIFUL
ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA
title ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA
title_full ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA
title_short ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA
title_sort analisis pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada percetakan cv bintang pelajar di surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/10847/
work_keys_str_mv AT ramadhansaiful analisispengaruhhargadanpromositerhadappeningkatanvolumepenjualanpadapercetakancvbintangpelajardisurakarta