ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV. BINTANG PELAJAR DI SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Penelitian dilaksanakan di perusahaan percetakan CV. Bintang Pelajar di...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: RAMADHAN, SAIFUL
格式: Thesis
語言:English
English
English
出版: 2006
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10847/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Penelitian dilaksanakan di perusahaan percetakan CV. Bintang Pelajar di Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi. Populasi penelitian adalah harga jual, biaya promosi dan volume penjualan CV. Bintang Pelajar Surakarta tahun 2000 – 2005. Seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, sedangkan metode observasi dan interview sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan: Y = 129559007,732 + 27829,958.X1 + 7,248.X2. Pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,967, hal ini menunjukkan bahwa sekitar 96,7% variasi dari volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan promosi. Sedangkan sisanya sekitar 3,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (307,176 > 3,47) pada taraf signifikansi 5%, artinya harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel volume penjualan. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki pengaruh yang dominan terhadap volume penjualan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung variabel promosi (4,319) lebih besar dari thitung variabel harga. Artinya volume penjualan akan lebih meningkat jika promosi yang digunakan lebih intensif..