PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI USAHA MENGEMBANGKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan : 1). Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe GI, 2). Hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe GI. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Badriastuti, Nur Afni
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10843/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan : 1). Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe GI, 2). Hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe GI. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Kartasura, objek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B sejumlah 28 siswa, subjek yang membantu pelaksanaan adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan prosentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1). Peningkatan aktivitas siswa membaca materi mencapai 19 siswa (67,86%), aktivitas siswa berdiskusi mencapai 19 siswa (67,86%), aktivitas siswa menulis laporan mencapai 13 siswa (46,43%), aktivitas siswa memecahkan soal mencapai 16 siswa (57,14%), aktivitas siswa presentasi di depan kelas mencapai 14 siswa (50%). 2). Banyaknya siswa yang memperoleh nilai t 60 mencapai 13 siswa (46,43%), 3). Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kelas ( x ) mencapai 59,82. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran koooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang bermuara pada meningkatnya hasil belajar matematika siswa.