PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)

Latar belakang penelitian, pentingnya upaya peningkatan profesionalisme guru. Fokus permasalahan penelitian, bagaimana pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Pertanyaan penelitian : (1) Bagaimana pemberdayaan guru matematika yang dil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AYUNINGSIH, FITRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10841/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995179961122816
author AYUNINGSIH, FITRI
author_facet AYUNINGSIH, FITRI
author_sort AYUNINGSIH, FITRI
collection ePrints
description Latar belakang penelitian, pentingnya upaya peningkatan profesionalisme guru. Fokus permasalahan penelitian, bagaimana pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Pertanyaan penelitian : (1) Bagaimana pemberdayaan guru matematika yang dilakukan sekolah berprestasi ?, (2) Bagaimana kondisi yang ada dari mutu hasil belajar sekolah berprestasi?. Tujuan penelitian, untuk mendiskripsikan, memahami, memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatkan mutu hasil belajar. Pendekatan penelitian, kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data yaitu guru, kepala sekolah dan dokumen-dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisa data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) Pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta dari diri sendiri adalah belajar kelompok dan mandiri. Dari sekolah adalah in-service training, MGMP, seminar, dan workshop. (2) mutu hasil belajar di SMA penelitian rata-rata, (a) mutu input untuk kecenderungan asal siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan penelitian, (1) pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta yang dilakukan guru sendiri dan didorong oleh sekolah sudah berjalan dengan baik, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal. Saran-saran, untuk ikut bersaing dalam globalisasi, guru matematika dan sekolah berprestasi harus mempertahankan dan meningkatkan professionalisme guru, dengan mengikuti segala kegiatan pemberdayaan baik dengan biaya sendiri maupun dari sekolah atau pemerintah. Penelitian yang perlu diteliti lebih lanjut tentang kompetensi sosial yaitu model pengembangan kompetensi sosial melalui optimalisasi kerjasama dalam team
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10841
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10841 https://eprints.ums.ac.id/10841/ PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta) AYUNINGSIH, FITRI L Education (General) Latar belakang penelitian, pentingnya upaya peningkatan profesionalisme guru. Fokus permasalahan penelitian, bagaimana pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Pertanyaan penelitian : (1) Bagaimana pemberdayaan guru matematika yang dilakukan sekolah berprestasi ?, (2) Bagaimana kondisi yang ada dari mutu hasil belajar sekolah berprestasi?. Tujuan penelitian, untuk mendiskripsikan, memahami, memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatkan mutu hasil belajar. Pendekatan penelitian, kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data yaitu guru, kepala sekolah dan dokumen-dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisa data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) Pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta dari diri sendiri adalah belajar kelompok dan mandiri. Dari sekolah adalah in-service training, MGMP, seminar, dan workshop. (2) mutu hasil belajar di SMA penelitian rata-rata, (a) mutu input untuk kecenderungan asal siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan penelitian, (1) pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta yang dilakukan guru sendiri dan didorong oleh sekolah sudah berjalan dengan baik, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal. Saran-saran, untuk ikut bersaing dalam globalisasi, guru matematika dan sekolah berprestasi harus mempertahankan dan meningkatkan professionalisme guru, dengan mengikuti segala kegiatan pemberdayaan baik dengan biaya sendiri maupun dari sekolah atau pemerintah. Penelitian yang perlu diteliti lebih lanjut tentang kompetensi sosial yaitu model pengembangan kompetensi sosial melalui optimalisasi kerjasama dalam team 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/1/depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/3/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/4/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/6/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/9/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/11/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/13/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10841/20/lamp.pdf AYUNINGSIH, FITRI (2006) PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030103
spellingShingle L Education (General)
AYUNINGSIH, FITRI
PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_full PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_fullStr PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_full_unstemmed PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_short PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_sort pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar studi multi kasus di sma negeri 1 dan sma al islam 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10841/
work_keys_str_mv AT ayuningsihfitri pemberdayaangurumatematikasekolahberprestasidalampeningkatanmutuhasilbelajarstudimultikasusdismanegeri1dansmaalislam1surakarta