PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR(Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
Latar belakang penelitian, pentingnya upaya peningkatan profesionalisme guru. Fokus permasalahan penelitian, bagaimana pemberdayaan guru matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Pertanyaan penelitian : (1) Bagaimana pemberdayaan guru matematika yang dil...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10841/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Latar belakang penelitian, pentingnya upaya peningkatan profesionalisme
guru. Fokus permasalahan penelitian, bagaimana pemberdayaan guru matematika
sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Pertanyaan penelitian :
(1) Bagaimana pemberdayaan guru matematika yang dilakukan sekolah
berprestasi ?, (2) Bagaimana kondisi yang ada dari mutu hasil belajar sekolah
berprestasi?. Tujuan penelitian, untuk mendiskripsikan, memahami, memaknai
hal-hal yang paling mendasar dalam pemberdayaan guru matematika sekolah
berprestasi dalam peningkatkan mutu hasil belajar. Pendekatan penelitian,
kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber
data yaitu guru, kepala sekolah dan dokumen-dokumen yang ditentukan secara
purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi
dan wawancara. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik
analisa data secara interaktif.
Hasil penelitian, (1) Pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1 dan
SMA Al-Islam 1 Surakarta dari diri sendiri adalah belajar kelompok dan mandiri.
Dari sekolah adalah in-service training, MGMP, seminar, dan workshop. (2) mutu
hasil belajar di SMA penelitian rata-rata, (a) mutu input untuk kecenderungan asal
siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu
proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan
kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%,
tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan
75,8%.
Kesimpulan penelitian, (1) pemberdayaan guru matematika SMA Negeri 1
dan SMA Al-Islam 1 Surakarta yang dilakukan guru sendiri dan didorong oleh
sekolah sudah berjalan dengan baik, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum
ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum
ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum
ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum
ideal. Saran-saran, untuk ikut bersaing dalam globalisasi, guru matematika dan
sekolah berprestasi harus mempertahankan dan meningkatkan professionalisme
guru, dengan mengikuti segala kegiatan pemberdayaan baik dengan biaya sendiri
maupun dari sekolah atau pemerintah. Penelitian yang perlu diteliti lebih lanjut
tentang kompetensi sosial yaitu model pengembangan kompetensi sosial melalui
optimalisasi kerjasama dalam team |
---|