PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KOMPENSASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Kelas II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi aktivitas belajar dan kompensasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas II tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 78 siswa. Sampel penelitian ini 58 si...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WULANDARI , SEVI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10839/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi aktivitas belajar dan kompensasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas II tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 78 siswa. Sampel penelitian ini 58 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier ganda. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas dan multikolonieritas. Hasil penelitian diperoleh: simultan berpengaruh dengan R2 = 0,262 untuk = α 5%. Aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,071. Kompensasi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,090. Kompensasi memberikan pengaruh yang lebih besar daripada aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika.