PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KOMPENSASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Kelas II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi aktivitas belajar dan kompensasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas II tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 78 siswa. Sampel penelitian ini 58 si...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English English English |
Publicado em: |
2007
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/10839/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi aktivitas belajar
dan kompensasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas II tahun ajaran 2005/2006
dengan populasi 78 siswa. Sampel penelitian ini 58 siswa. Teknik pengambilan sampel
adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier ganda. Dengan uji asumsi
normalitas, linieritas dan multikolonieritas. Hasil penelitian diperoleh: simultan
berpengaruh dengan R2
= 0,262 untuk = α 5%. Aktivitas belajar berpengaruh terhadap
prestasi belajar matematika sebesar 0,071. Kompensasi orang tua berpengaruh terhadap
prestasi belajar matematika sebesar 0,090. Kompensasi memberikan pengaruh yang lebih
besar daripada aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Peneliti selanjutnya
hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar
matematika sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi
belajar matematika. |
---|