PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KOMPENSASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Kelas II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi aktivitas belajar dan kompensasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas II tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 78 siswa. Sampel penelitian ini 58 si...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: WULANDARI , SEVI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10839/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi aktivitas belajar dan kompensasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas II tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 78 siswa. Sampel penelitian ini 58 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier ganda. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas dan multikolonieritas. Hasil penelitian diperoleh: simultan berpengaruh dengan R2 = 0,262 untuk = α 5%. Aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,071. Kompensasi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,090. Kompensasi memberikan pengaruh yang lebih besar daripada aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika.