IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007

Dalam mengevaluasi hasil belajar, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa alat evaluasi atau jenis tagihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alat evaluasi hasil belajar biologi berbasis kompetensi di Kelas VII, VIII dan IX SMP N 1 Warurejo Tegal Tahun Ajaran 2006/2007. Tek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SOLIKHATUN , SOLIKHATUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10834/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995178038034432
author SOLIKHATUN , SOLIKHATUN
author_facet SOLIKHATUN , SOLIKHATUN
author_sort SOLIKHATUN , SOLIKHATUN
collection ePrints
description Dalam mengevaluasi hasil belajar, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa alat evaluasi atau jenis tagihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alat evaluasi hasil belajar biologi berbasis kompetensi di Kelas VII, VIII dan IX SMP N 1 Warurejo Tegal Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data evaluasi hasil belajar yang dilakukan dengan observasi di dalam kelas ketika sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran Biologi Kelas VII, VIII dan IX SMP N I Warurejo Tegal Tahun Ajaran 2006/2007 yang berjumlah empat guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 guru yaitu guru kelas VII (1 orang), guru kelas VIII (1 orang), dan guru kelas IX (1 orang). Dalam penelitian ini digunakan teknik random sampling. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru belum mampu memilih dan menggunakan alat evaluasi atau jenis tagihan , frekuensi rata- rata alat evaluasi atau jenis tagihan yang digunakan paa guru klas VII adalah 2,1 (kurang), kelas VIII adalah 2,5 (kurang) dan kelas IX adalah 3 (cu kup). Sedangkan frekuensi rata-rata bentuk tes yang digunakan pada guru kelas VII adalah 2,4 (kurang), kelas VIII adalah 2,2 (kurang) dan kelas IX aalah 2,4 (kurang). Frekuensi rata-rata alat evaluasi atau jenis tagihan dan bentuk tes yang digunakan guru k elas VII, VIII dan IX adalah 2,4 (kurang) dan 2,0 (kurang). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa alat evaluasi atau jenis tagihan, yang digunakan guru di SMP N 1 Warurejo Tegal adalah: kuis, pertanyaan lisan, ulangan harian, tugas individu, tugas kelompok dan pre tes. Frekuensi rata-rata alat evaluasi atau jenis tagihan yang digunakan guru kelas VII adalah 2, 1 (kurang), pada guru kelas VIII adalah 2, 5 (kurang) dan pada guru kelas IX adalah 3 (cukup). Frekuensi rata-rata bentuk tes yang digunakan guru kelas VII adalah 2, 4 (kurang), pada guru kelas VIII adalah 2, 2 (kurang) dan pada guru kelas IX adalah 2, 4 (kurang). Frekuensi rata-rata jenis tagihan dan bentuk tes yang digunakan guru kelas VII, VIII, IX adalah (2, 4 ) dan (2, 0 ) artinya kurang. Hal ini menunjukkan guru belum mampu memilih dan menggunakan alat evaluasi atau jenis tagihan dalam KBK.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10834
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10834 https://eprints.ums.ac.id/10834/ IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007 SOLIKHATUN , SOLIKHATUN L Education (General) Dalam mengevaluasi hasil belajar, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa alat evaluasi atau jenis tagihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alat evaluasi hasil belajar biologi berbasis kompetensi di Kelas VII, VIII dan IX SMP N 1 Warurejo Tegal Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data evaluasi hasil belajar yang dilakukan dengan observasi di dalam kelas ketika sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran Biologi Kelas VII, VIII dan IX SMP N I Warurejo Tegal Tahun Ajaran 2006/2007 yang berjumlah empat guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 guru yaitu guru kelas VII (1 orang), guru kelas VIII (1 orang), dan guru kelas IX (1 orang). Dalam penelitian ini digunakan teknik random sampling. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru belum mampu memilih dan menggunakan alat evaluasi atau jenis tagihan , frekuensi rata- rata alat evaluasi atau jenis tagihan yang digunakan paa guru klas VII adalah 2,1 (kurang), kelas VIII adalah 2,5 (kurang) dan kelas IX adalah 3 (cu kup). Sedangkan frekuensi rata-rata bentuk tes yang digunakan pada guru kelas VII adalah 2,4 (kurang), kelas VIII adalah 2,2 (kurang) dan kelas IX aalah 2,4 (kurang). Frekuensi rata-rata alat evaluasi atau jenis tagihan dan bentuk tes yang digunakan guru k elas VII, VIII dan IX adalah 2,4 (kurang) dan 2,0 (kurang). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa alat evaluasi atau jenis tagihan, yang digunakan guru di SMP N 1 Warurejo Tegal adalah: kuis, pertanyaan lisan, ulangan harian, tugas individu, tugas kelompok dan pre tes. Frekuensi rata-rata alat evaluasi atau jenis tagihan yang digunakan guru kelas VII adalah 2, 1 (kurang), pada guru kelas VIII adalah 2, 5 (kurang) dan pada guru kelas IX adalah 3 (cukup). Frekuensi rata-rata bentuk tes yang digunakan guru kelas VII adalah 2, 4 (kurang), pada guru kelas VIII adalah 2, 2 (kurang) dan pada guru kelas IX adalah 2, 4 (kurang). Frekuensi rata-rata jenis tagihan dan bentuk tes yang digunakan guru kelas VII, VIII, IX adalah (2, 4 ) dan (2, 0 ) artinya kurang. Hal ini menunjukkan guru belum mampu memilih dan menggunakan alat evaluasi atau jenis tagihan dalam KBK. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/1/AWAL.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/3/BAB_I.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/4/BAB_II.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/5/BAB_III.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/6/BAB_IV.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/7/BAB_V.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/8/PUSTAKA.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10834/9/LAMPIRAN.PDF SOLIKHATUN , SOLIKHATUN (2007) IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420020112
spellingShingle L Education (General)
SOLIKHATUN , SOLIKHATUN
IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007
title IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short IDENTIFIKASI EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI GURU KELAS VII, VIII DAN IX SMP N 1 WARUREJO KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort identifikasi evaluasi hasil belajar biologi berbasis kompetensi guru kelas vii viii dan ix smp n 1 warurejo kabupaten tegal tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10834/
work_keys_str_mv AT solikhatunsolikhatun identifikasievaluasihasilbelajarbiologiberbasiskompetensigurukelasviiviiidanixsmpn1warurejokabupatentegaltahunajaran20062007