PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN BRAINSTORMING DI SMP NEGERI 2 COLOMADU ( Pokok Bahasan Sudut Siswa Kelas VII)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP N 2 Colomadu yang berjumlah 39 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah Guru SMP N 2 Colomadu dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10812/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa.
Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP N 2 Colomadu yang
berjumlah 39 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah Guru SMP N 2 Colomadu
dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan
dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentasi dan model
alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan minat belajar
siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan brainstorming yang
meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap
pelatihan dan tahap penampilan hasil. Adapun peningkatan minat belajar siswa dalam
pembelajaran matematika yang ada yaitu : (a)perhatian terhadap pelajaran matematika
meningkat mencapai 89,74%, (b) kegiatan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan
mengajukan ide-ide meningkat mencapai 84,62%, (c) kegiatan siswa dalam
mengerjakan soal/ tugas mandiri meningkat mencapai 87,18%, (d) kegiatan siswa
dalam maju mengerjakan soal-soal ke depan kelas meningkat mencapai 76,92%, dan
(e) gangguan kelas menurun hingga 23,07%. |
---|