ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA

Kualitas jasa merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan produk jasa yang dapat memuaskan konsumen. Tercapainya kepuasan konsumen apabila kualitas produk jasa sesuai dengan yang diingkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas jas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROMDHONI, YULI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10811/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995171786424320
author ROMDHONI, YULI
author_facet ROMDHONI, YULI
author_sort ROMDHONI, YULI
collection ePrints
description Kualitas jasa merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan produk jasa yang dapat memuaskan konsumen. Tercapainya kepuasan konsumen apabila kualitas produk jasa sesuai dengan yang diingkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas jasa (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati. Penelitian dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna kartu Simpati di Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang dengan teknik aksidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancaea, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian asumsi klasik, analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas jasa yang terdiri dari tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (19,213 > 2,29) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 50,5%, sedangkan 49,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini terbukti dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,505. (2) Variabel reliability merupakan variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung variabel reliability terhadap kepuasan konsumen adalah paling besar (4,577) diterima pada taraf signifikansi 5%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10811
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10811 https://eprints.ums.ac.id/10811/ ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA ROMDHONI, YULI HD28 Management Kualitas jasa merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan produk jasa yang dapat memuaskan konsumen. Tercapainya kepuasan konsumen apabila kualitas produk jasa sesuai dengan yang diingkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas jasa (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen, serta variabel yang berpengaruh dominan di antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati. Penelitian dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna kartu Simpati di Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang dengan teknik aksidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancaea, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian asumsi klasik, analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas jasa yang terdiri dari tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu Simpati di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (19,213 > 2,29) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 50,5%, sedangkan 49,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini terbukti dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,505. (2) Variabel reliability merupakan variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung variabel reliability terhadap kepuasan konsumen adalah paling besar (4,577) diterima pada taraf signifikansi 5%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10811/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10811/4/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10811/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10811/7/Babk.pdf ROMDHONI, YULI (2007) ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100020526
spellingShingle HD28 Management
ROMDHONI, YULI
ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
title ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
title_full ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
title_short ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA KARTU SIMPATI DI YOGYAKARTA
title_sort analisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu simpati di yogyakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/10811/
work_keys_str_mv AT romdhoniyuli analisispengaruhkualitasjasaterhadapkepuasankonsumenpenggunakartusimpatidiyogyakarta