MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini mer...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10805/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995170164277248 |
---|---|
author | EKAWATI , ATIEN DEWI |
author_facet | EKAWATI , ATIEN DEWI |
author_sort | EKAWATI , ATIEN DEWI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran
matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah
Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru
matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur.
Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan
pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD
meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat
memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat
mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika
mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika
mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan
bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10805 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10805 https://eprints.ums.ac.id/10805/ MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES EKAWATI , ATIEN DEWI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10805/1/A410020014.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10805/3/bab.1.dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10805/6/hal.depan.pdf EKAWATI , ATIEN DEWI (2007) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410 020 014 |
spellingShingle | L Education (General) EKAWATI , ATIEN DEWI MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES |
title | MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
KETRAMPILAN PROSES |
title_full | MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
KETRAMPILAN PROSES |
title_fullStr | MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
KETRAMPILAN PROSES |
title_full_unstemmed | MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
KETRAMPILAN PROSES |
title_short | MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
KETRAMPILAN PROSES |
title_sort | meningkatkan prestasi belajar siswa dalam matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10805/ |
work_keys_str_mv | AT ekawatiatiendewi meningkatkanprestasibelajarsiswadalammatematikamelaluipembelajarandenganpendekatanketrampilanproses |