MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini mer...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: EKAWATI , ATIEN DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10805/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995170164277248
author EKAWATI , ATIEN DEWI
author_facet EKAWATI , ATIEN DEWI
author_sort EKAWATI , ATIEN DEWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10805
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10805 https://eprints.ums.ac.id/10805/ MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES EKAWATI , ATIEN DEWI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10805/1/A410020014.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10805/3/bab.1.dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10805/6/hal.depan.pdf EKAWATI , ATIEN DEWI (2007) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410 020 014
spellingShingle L Education (General)
EKAWATI , ATIEN DEWI
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
title MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
title_full MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
title_fullStr MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
title_full_unstemmed MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
title_short MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
title_sort meningkatkan prestasi belajar siswa dalam matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10805/
work_keys_str_mv AT ekawatiatiendewi meningkatkanprestasibelajarsiswadalammatematikamelaluipembelajarandenganpendekatanketrampilanproses