MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini mer...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10805/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran
matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah
Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru
matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur.
Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan
pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD
meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat
memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat
mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika
mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika
mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan
bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. |
---|