UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo)
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang be...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10798/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995168266354688 |
---|---|
author | SURADI , SURADI |
author_facet | SURADI , SURADI |
author_sort | SURADI , SURADI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru
untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian,
kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika.
Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang berjumlah
26 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru SD kelas V dan subjek yang
membantu pelaksana adalah peneliti dan kepala sekolah. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan
kelas ini adalah :1) usaha meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui
pembenahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar, 2) peningkatan minat
belajar siswa tentang; perasaan senang siswa ada peningkatan yaitu sebelum ada
penelitian tindakan siswa yang senang dengan pelajaran matematika sekitar 30,76%
pada putaran I 50,00%, pada putaran II 61,53%, dan pada putaran III 76,92%
perhatian siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa
yang perhatian dalam pelajaran matematika 42,30%, pada putaran I 57,69%, pada
putaran II 73,03%, pada putaran III 80,76%, kemauan siswa ada peningkatan yaitu
sebelum penelitian tindakan siswa yang ada kemauan untuk belajar matematika
23,67%, pada putaran I 38,46%, pada putaran II 65,38%, dan putaran III 73,03%,
konsentrasi siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan
siswa yang konsentrasi dalam pelajaran matematika 19,23%, pada putaran I 46,15%,
pada putran II 57,69%, dan pada putaran III 69,23%, dan kesadaran siswa mengalami
peningkatan sebelum ada penelitian tindakan siswa yang sadar dalam pelajaran
matematika 26,92%, pada putaran I 58,84%, putaran II 61,53%, dan putaran III
88,46%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10798 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10798 https://eprints.ums.ac.id/10798/ UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) SURADI , SURADI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang berjumlah 26 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru SD kelas V dan subjek yang membantu pelaksana adalah peneliti dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah :1) usaha meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui pembenahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar, 2) peningkatan minat belajar siswa tentang; perasaan senang siswa ada peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa yang senang dengan pelajaran matematika sekitar 30,76% pada putaran I 50,00%, pada putaran II 61,53%, dan pada putaran III 76,92% perhatian siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa yang perhatian dalam pelajaran matematika 42,30%, pada putaran I 57,69%, pada putaran II 73,03%, pada putaran III 80,76%, kemauan siswa ada peningkatan yaitu sebelum penelitian tindakan siswa yang ada kemauan untuk belajar matematika 23,67%, pada putaran I 38,46%, pada putaran II 65,38%, dan putaran III 73,03%, konsentrasi siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa yang konsentrasi dalam pelajaran matematika 19,23%, pada putaran I 46,15%, pada putran II 57,69%, dan pada putaran III 69,23%, dan kesadaran siswa mengalami peningkatan sebelum ada penelitian tindakan siswa yang sadar dalam pelajaran matematika 26,92%, pada putaran I 58,84%, putaran II 61,53%, dan putaran III 88,46%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10798/1/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10798/2/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10798/7/A410020006.pdf.pdf SURADI , SURADI (2007) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410 020 006 |
spellingShingle | L Education (General) SURADI , SURADI UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) |
title | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS
(Mastery Learning)
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) |
title_full | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS
(Mastery Learning)
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS
(Mastery Learning)
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS
(Mastery Learning)
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) |
title_short | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS
(Mastery Learning)
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo) |
title_sort | upaya peningkatan minat belajar matematika melalui pendekatan belajar tuntas mastery learning ptk pembelajaran matematika di kelas v sd negeri 1 guwo |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10798/ |
work_keys_str_mv | AT suradisuradi upayapeningkatanminatbelajarmatematikamelaluipendekatanbelajartuntasmasterylearningptkpembelajaranmatematikadikelasvsdnegeri1guwo |