UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo)
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang be...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10798/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru
untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian,
kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika.
Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang berjumlah
26 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru SD kelas V dan subjek yang
membantu pelaksana adalah peneliti dan kepala sekolah. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan
kelas ini adalah :1) usaha meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui
pembenahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar, 2) peningkatan minat
belajar siswa tentang; perasaan senang siswa ada peningkatan yaitu sebelum ada
penelitian tindakan siswa yang senang dengan pelajaran matematika sekitar 30,76%
pada putaran I 50,00%, pada putaran II 61,53%, dan pada putaran III 76,92%
perhatian siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa
yang perhatian dalam pelajaran matematika 42,30%, pada putaran I 57,69%, pada
putaran II 73,03%, pada putaran III 80,76%, kemauan siswa ada peningkatan yaitu
sebelum penelitian tindakan siswa yang ada kemauan untuk belajar matematika
23,67%, pada putaran I 38,46%, pada putaran II 65,38%, dan putaran III 73,03%,
konsentrasi siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan
siswa yang konsentrasi dalam pelajaran matematika 19,23%, pada putaran I 46,15%,
pada putran II 57,69%, dan pada putaran III 69,23%, dan kesadaran siswa mengalami
peningkatan sebelum ada penelitian tindakan siswa yang sadar dalam pelajaran
matematika 26,92%, pada putaran I 58,84%, putaran II 61,53%, dan putaran III
88,46%. |
---|