UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Guwo)

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang be...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: SURADI , SURADI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
Vydáno: 2007
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/10798/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan data yaitu usaha-usaha guru untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang, perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi, dan kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Guwo yang berjumlah 26 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru SD kelas V dan subjek yang membantu pelaksana adalah peneliti dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah :1) usaha meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui pembenahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar, 2) peningkatan minat belajar siswa tentang; perasaan senang siswa ada peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa yang senang dengan pelajaran matematika sekitar 30,76% pada putaran I 50,00%, pada putaran II 61,53%, dan pada putaran III 76,92% perhatian siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa yang perhatian dalam pelajaran matematika 42,30%, pada putaran I 57,69%, pada putaran II 73,03%, pada putaran III 80,76%, kemauan siswa ada peningkatan yaitu sebelum penelitian tindakan siswa yang ada kemauan untuk belajar matematika 23,67%, pada putaran I 38,46%, pada putaran II 65,38%, dan putaran III 73,03%, konsentrasi siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada penelitian tindakan siswa yang konsentrasi dalam pelajaran matematika 19,23%, pada putaran I 46,15%, pada putran II 57,69%, dan pada putaran III 69,23%, dan kesadaran siswa mengalami peningkatan sebelum ada penelitian tindakan siswa yang sadar dalam pelajaran matematika 26,92%, pada putaran I 58,84%, putaran II 61,53%, dan putaran III 88,46%.