ANALISIS KOMPARATIF KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SIM CARD IM3 DAN simPATI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Media komunikasi yang bermutu tinggi dan mampu mengakomodasikan setiap bentuk kegiatan usaha maupun pribadi menjadi sebuah kebutuhan primer pada era globalisasi ini. Informasi datang dari segala penjuru dunia masuk deras tanpa dibendung ditengah iklim persaingan bebas. Berbagai macam media komun...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10795/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Media komunikasi yang bermutu tinggi dan mampu mengakomodasikan
setiap bentuk kegiatan usaha maupun pribadi menjadi sebuah kebutuhan primer
pada era globalisasi ini. Informasi datang dari segala penjuru dunia masuk deras
tanpa dibendung ditengah iklim persaingan bebas. Berbagai macam media
komunikasi dengan teknologi canggih yang diciptakan menjadi jembatan
informasi dunia. Tujuan penelitian yang ingin dicapai melalui penulisan skripsi ini
adalah untuk menguji apakah ada perbedaan kepuasan konsumen pengguna SIM
card IM3 dan simPATI berdasarkan harga, pelayanan dan kualitas produk,
sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan atau
masukan bagi perusahaan PT. Telkomsel dan PT. Indosat tentang apa yang
menjadi kelemahan dan kelebihan dari produk yang ditawarkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk
mengetahui perbedaan rata-rata sampel dari dua populasi variabel kepuasan
konsumen terhadap pengguna SIM card IM3 dan simPATI dari segi kualitas
pelayanan, kualitas produk dan harga. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Surakarta yang masih aktif mengikuti
perkuliahan sedangkan sampel berjumlah 100 orang yang terdiri dari 50
responden konsumen SIM card simPATI dan 50 responden konsumen SIM card
IM3 dengan teknik pengambilan sampel confinience sampling.
Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
kualitas pelayanan pada SIM card simPATI dan IM3. Hal ini dikarenakan dari
hasil uji beda dengan menggunakan T-Test diketahui bahwa nilai thitung > ttabel
(3,606 > 1,984), untuk kualitas produk antara SIM card simPATI dan IM3 tidak
ada perbedaan yang signifikan, karena hasil uji beda dengan menggunakan T-Test
diketahui bahwa nilai thitung < ttabel (-0,041 < 1,984), dan untuk harga antara SIM
card simPATI dan IM3 terdapat perbedaan yang signifikan, karena hasil uji beda
dengan menggunakan T-Test diketahui bahwa nilai thitung < -ttabel (-2,379 < -1,984).
|
---|