PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pen...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: PURWATI, PURWATI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10790/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
_version_ 1804995166379966464
author PURWATI, PURWATI
author_facet PURWATI, PURWATI
author_sort PURWATI, PURWATI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian belajar siswa meningkat mencapai 82,76 %. Disamping itu hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 82,76 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan humanistis dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10790
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10790 https://eprints.ums.ac.id/10790/ PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon) PURWATI, PURWATI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian belajar siswa meningkat mencapai 82,76 %. Disamping itu hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 82,76 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan humanistis dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10790/1/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10790/4/hal.dep.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10790/7/A410020002.pdf PURWATI, PURWATI (2007) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A4120020002
spellingShingle L Education (General)
PURWATI, PURWATI
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
title_full PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
title_fullStr PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
title_short PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
title_sort peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan melalui pendekatan humanistis ptk di sd karangtalun 02 tanon
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10790/
work_keys_str_mv AT purwatipurwati peningkatanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikapokokbahasanpecahanmelaluipendekatanhumanistisptkdisdkarangtalun02tanon