PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pen...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10790/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika
siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah
siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data
dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara
peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif
melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan
motivasi belajar matematika siswa yang meliputi keaktifan, perhatian dan
kemandirian belajar siswa meningkat mencapai 82,76 %. Disamping itu hasil
belajar siswa juga meningkat mencapai 82,76 %. Kesimpulan penelitian ini adalah
bahwa penerapan pendekatan humanistis dalam pembelajaran matematika
khususnya pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa. |
---|