PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pen...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: PURWATI, PURWATI
Format: Thèse
Langue:English
English
English
Publié: 2007
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/10790/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian belajar siswa meningkat mencapai 82,76 %. Disamping itu hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 82,76 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan humanistis dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.