PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIS (PTK di SD Karangtalun 02 Tanon)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pen...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: PURWATI, PURWATI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
Publicado: 2007
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/10790/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan humanistis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Karangtalun 02 Tanon sejumlah 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian belajar siswa meningkat mencapai 82,76 %. Disamping itu hasil belajar siswa juga meningkat mencapai 82,76 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan humanistis dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.