PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: APRIANI , KARLINA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10788/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995165840998400
author APRIANI , KARLINA
author_facet APRIANI , KARLINA
author_sort APRIANI , KARLINA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo VI telah mengalami peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu: 1) kesiapan siswa menerima pelajaran dari 30,3% hingga meningkat mencapai 87,1%, 2) siswa yang membawa buku paket dari 21,2% hingga meningkat mencapai 83,9%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/ PR dari 66,7% hingga meningkat mencapai 87,1%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan belajar mengajar dari 33,3% hingga meningkat mencapai 80,6%, serta 5) siswa yang mencatat hasil pembahasan dari 57,6%, hingga meningkat mencapai 93,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pola latihan interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon siswa mencapai 75%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10788
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10788 https://eprints.ums.ac.id/10788/ PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang) APRIANI , KARLINA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo VI telah mengalami peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu: 1) kesiapan siswa menerima pelajaran dari 30,3% hingga meningkat mencapai 87,1%, 2) siswa yang membawa buku paket dari 21,2% hingga meningkat mencapai 83,9%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/ PR dari 66,7% hingga meningkat mencapai 87,1%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan belajar mengajar dari 33,3% hingga meningkat mencapai 80,6%, serta 5) siswa yang mencatat hasil pembahasan dari 57,6%, hingga meningkat mencapai 93,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pola latihan interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon siswa mencapai 75%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/11/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10788/18/LAMPIRAN.pdf APRIANI , KARLINA (2007) PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030188
spellingShingle L Education (General)
APRIANI , KARLINA
PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
title PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
title_full PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
title_fullStr PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
title_full_unstemmed PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
title_short PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
title_sort peningkatan respon siswa dalam pembelajaran matematika melalui pola latihan interaktif ptk pembelajaran matematika siswa kelas iv sdn kutoharjo vi rembang
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10788/
work_keys_str_mv AT aprianikarlina peningkatanresponsiswadalampembelajaranmatematikamelaluipolalatihaninteraktifptkpembelajaranmatematikasiswakelasivsdnkutoharjovirembang