PENINGKATAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10788/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam
pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas
IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33
siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data pada penelitian ini
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian
tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo VI
telah mengalami peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu:
1) kesiapan siswa menerima pelajaran dari 30,3% hingga meningkat mencapai
87,1%, 2) siswa yang membawa buku paket dari 21,2% hingga meningkat
mencapai 83,9%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/ PR dari 66,7% hingga
meningkat mencapai 87,1%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan
belajar mengajar dari 33,3% hingga meningkat mencapai 80,6%, serta 5) siswa
yang mencatat hasil pembahasan dari 57,6%, hingga meningkat mencapai 93,5%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pola latihan interaktif dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon siswa mencapai 75%. |
---|