PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di Kelas V SD Negeri Makamhaji 01 Kartasura Tahun Pelajaran 2005/2006)
Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan tindak mengajar yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry, 2) meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan inquiry, 3) menggambarkan tanggapan guru terhadap pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika. Su...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English English English English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10787/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan tindak mengajar yang
dilakukan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry, 2)
meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan inquiry, 3) menggambarkan
tanggapan guru terhadap pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika.
Subyek pemberi tindakan adalah guru kelas V SDN Makamhaji 01, subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas V sejumlah 21 siswa, subyek yang
membantu pelaksanaan adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subyek yang
melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan.
Data dikumpulkan melalui teknik observasi, metode tes, catatan lapangan,
tanggapan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Hasil penelitian
menyimpulkan: 1) proses pembelajaran matematika melalui pendekatan inquiry:
a. Guru melaksanakan apersepsi dengan memberikan masalah yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari; b. Siswa belajar secara berkelompok, guru
memfasilitasi dan memberikan batasan diskusi; c. Siswa mempresentasikan dan
menyimpulkan hasil temuan; d. Guru memantapkan kesimpulan dan hasil temuan
siswa; e. Guru memberikan motivasi, 2) Terdapat peningkatan kreativitas siswa,
yaitu pada a. Ciri-ciri kepribadian 33,34%, b. Kemampuan umum sebesar 19,05%,
c. Konsekuensi dalam memberikan jawaban sebesar 52,39%, d. Kemahiran dalam
menyelesaikan masalah sebesar 57,14%, 3) Guru memberikan tanggapan positif
terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan proses inquiry dan proses inquiry ini
menciptakan budaya belajar yang baru bagi siswa serta dapat meningkatkan hasil
belajar siswa sebesar 57,15%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan
pendekatan inquiry dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan
kreativitas siswa. |
---|