HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kema...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: AYUNINGTYAS , ATIKA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10786/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995165292593152
author AYUNINGTYAS , ATIKA
author_facet AYUNINGTYAS , ATIKA
author_sort AYUNINGTYAS , ATIKA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Cilacap kelas 1 tahun ajaran 2006/2007 dengan populasi 240 siswa, sampel penelitian ini 41 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling terhadap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda dengan dua prediktor. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, keberartian dan independensi. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % dapat diketahui: 1) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,613, 2) ada hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,605, 3) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan Fhitung = 5,979. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor adalah sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif pemahaman operasi hitnug (SR) = 50,2 % dan sumbangan efektif (SE) = 12,01 %. 2) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 49,8 % dan sumbangan efektif (SE) = 11,93 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10786
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10786 https://eprints.ums.ac.id/10786/ HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP AYUNINGTYAS , ATIKA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Cilacap kelas 1 tahun ajaran 2006/2007 dengan populasi 240 siswa, sampel penelitian ini 41 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling terhadap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda dengan dua prediktor. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, keberartian dan independensi. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % dapat diketahui: 1) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,613, 2) ada hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,605, 3) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan Fhitung = 5,979. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor adalah sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif pemahaman operasi hitnug (SR) = 50,2 % dan sumbangan efektif (SE) = 12,01 %. 2) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 49,8 % dan sumbangan efektif (SE) = 11,93 %. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10786/1/A_COVER_%2BHal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10786/2/B_BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10786/3/C_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10786/6/D_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10786/8/E_BAB_IV%2BV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10786/16/F2_Lampiran.pdf AYUNINGTYAS , ATIKA (2007) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020068
spellingShingle L Education (General)
AYUNINGTYAS , ATIKA
HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
title HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
title_full HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
title_short HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
title_sort hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas 1 smp muhammadiyah 1 cilacap
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10786/
work_keys_str_mv AT ayuningtyasatika hubunganantarapemahamanoperasihitungdankemampuanmembuatmodelmatematikadengankemampuanmenyelesaikansoalceritamatematikasiswakelas1smpmuhammadiyah1cilacap