HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN OPERASI HITUNG DAN KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kema...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: AYUNINGTYAS , ATIKA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2007
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/10786/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 2) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita, 3) hubungan bersama antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Cilacap kelas 1 tahun ajaran 2006/2007 dengan populasi 240 siswa, sampel penelitian ini 41 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling terhadap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda dengan dua prediktor. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, keberartian dan independensi. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % dapat diketahui: 1) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,613, 2) ada hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan thitung = 2,605, 3) ada hubungan antara pemahaman operasi hitung dan kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan Fhitung = 5,979. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor adalah sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif pemahaman operasi hitnug (SR) = 50,2 % dan sumbangan efektif (SE) = 12,01 %. 2) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 49,8 % dan sumbangan efektif (SE) = 11,93 %.