UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK Pembelajaran Matematika di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2006/ 2007)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah-langkah Polya yaitu: 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10784/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa
melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan
siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah-langkah Polya yaitu: 1)
memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4)
memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X-2 SMA
Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 30 siswa, subyek pelaksanaan
tindakan adalah guru SMA kelas X-2 dan subyek yang membantu pelaksanaan
adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif
kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini
adalah terjadinya peningkatan aktivitas berpikir kritis siswa melalui
pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa
dalam menyelesaikan soal dengan langkah Polya. Adapun peningkatan persentase
kemampuan siswa yang ada yaitu: (a) kemampuan siswa dalam memahami
masalah mencapai 93,22%,(b) kemampuan siswa dalam menyusun rencana
meningkat mencapai 72,99%, (c) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana
meningkat mencapai 66,15%, (d) kemampuan siswa dalam memeriksa kembali
meningkat mencapai 57, 64%. Jadi, melalui pengorganisasian tugas terstruktur
dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis. |
---|