PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk menget...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: WIDYASTUTI, NANI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
Vydáno: 2006
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/10781/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804995164208365568
author WIDYASTUTI, NANI
author_facet WIDYASTUTI, NANI
author_sort WIDYASTUTI, NANI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262 siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10781
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10781 https://eprints.ums.ac.id/10781/ PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA WIDYASTUTI, NANI L Education (General) Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262 siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/1/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/2/daftar.pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/8/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/11/full_texs.pdf WIDYASTUTI, NANI (2006) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020064
spellingShingle L Education (General)
WIDYASTUTI, NANI
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
title_full PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
title_fullStr PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
title_full_unstemmed PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
title_short PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
title_sort pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan moderator perhatian orang tua
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10781/
work_keys_str_mv AT widyastutinani pengaruhmotivasibelajarterhadaphasilbelajarmatematikadenganmoderatorperhatianorangtua