PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk menget...
Zapisane w:
1. autor: | |
---|---|
Format: | Praca dyplomowa |
Język: | English English English English |
Wydane: |
2006
|
Hasła przedmiotowe: | |
Dostęp online: | https://eprints.ums.ac.id/10781/ |
Etykiety: |
Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
|
_version_ | 1804995164208365568 |
---|---|
author | WIDYASTUTI, NANI |
author_facet | WIDYASTUTI, NANI |
author_sort | WIDYASTUTI, NANI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi
belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara
interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh
antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh
antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh
kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262
siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik
proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi
normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian
diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar
matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi
sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat
pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur
0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar
dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan
prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti
selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi
prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan
masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10781 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English |
publishDate | 2006 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10781 https://eprints.ums.ac.id/10781/ PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA WIDYASTUTI, NANI L Education (General) Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262 siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/1/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/2/daftar.pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/8/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10781/11/full_texs.pdf WIDYASTUTI, NANI (2006) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020064 |
spellingShingle | L Education (General) WIDYASTUTI, NANI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA |
title | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA |
title_full | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA |
title_fullStr | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA |
title_full_unstemmed | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA |
title_short | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA |
title_sort | pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan moderator perhatian orang tua |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10781/ |
work_keys_str_mv | AT widyastutinani pengaruhmotivasibelajarterhadaphasilbelajarmatematikadenganmoderatorperhatianorangtua |