PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk menget...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: WIDYASTUTI, NANI
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
Publié: 2006
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/10781/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262 siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika.