PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODERATOR PERHATIAN ORANG TUA
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk menget...
Tallennettuna:
Päätekijä: | |
---|---|
Aineistotyyppi: | Opinnäyte |
Kieli: | English English English English |
Julkaistu: |
2006
|
Aiheet: | |
Linkit: | https://eprints.ums.ac.id/10781/ |
Tagit: |
Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
|
Yhteenveto: | Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi
belajar dengan prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh antara
interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh
antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar, 4) untuk mengetahui pengaruh
antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar, 5) untuk mengetahui pengaruh
kepuasan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Negeri 1 Kartasura kelas I tahun ajaran 2005/2006 dengan populasi 262
siswa. Sampel penelitian ini 131 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik
proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Dengan uji asumsi
normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Hasil penelitian
diperoleh: 1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar
matematika dengan koefisien jalur 0,514, 2) terdapat pengaruh antara interaksi
sosial dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,551, 3) terdapat
pengaruh antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar dengan koefisien jalur
0,465, 4) terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepuasan belajar
dengan koefisien jalur 0,507, 5) terdapat hubungan kepuasan belajar dengan
prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur 0,692 dan R2 = 0,558. Peneliti
selanjutnya hendaknya memperluas faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi
prestasi belajar matematika dan kepuasan belajar sehingga dapat dijadikan bahan
masukan dalam upaya peningkatan prestasi belajar matematika. |
---|