PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2) mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) mengetahu...

पूर्ण विवरण

में बचाया:
ग्रंथसूची विवरण
मुख्य लेखक: PARTONO , PARTONO
स्वरूप: थीसिस
भाषा:English
English
English
English
English
English
English
English
प्रकाशित: 2007
विषय:
ऑनलाइन पहुंच:https://eprints.ums.ac.id/10779/
टैग: टैग जोड़ें
कोई टैग नहीं, इस रिकॉर्ड को टैग करने वाले पहले व्यक्ति बनें!
_version_ 1804995163667300352
author PARTONO , PARTONO
author_facet PARTONO , PARTONO
author_sort PARTONO , PARTONO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2) mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak tahun pelajaran 2006/2007. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas VII F yang diambil menggunakan teknik random cluster sampling. Pengambilan data pemanfaatan lingkungan sekitar dan motivasi belajar siswa menggunakan metode angket, sedangkan data prestasi belajar siswa dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan regresi linier ganda yang didahului dengan menguji persyaratannya. Hasil penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,370 pada signifikansi 5%, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,254, (3) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 4,300 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,320 pada signifikansi 5%, dan koefisien korelasi R12y = 0,434; dan (4) sumbangan efektif variabel pemanfaatan lingkungan kelas sebesar 10,03% sedangkan variabel motivasi belajar siswa sebesar 8,83%, dengan demikian pemanfaatan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar matematika siswa dibandingkan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10779
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10779 https://eprints.ums.ac.id/10779/ PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PARTONO , PARTONO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2) mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak tahun pelajaran 2006/2007. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas VII F yang diambil menggunakan teknik random cluster sampling. Pengambilan data pemanfaatan lingkungan sekitar dan motivasi belajar siswa menggunakan metode angket, sedangkan data prestasi belajar siswa dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan regresi linier ganda yang didahului dengan menguji persyaratannya. Hasil penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,370 pada signifikansi 5%, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,254, (3) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 4,300 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,320 pada signifikansi 5%, dan koefisien korelasi R12y = 0,434; dan (4) sumbangan efektif variabel pemanfaatan lingkungan kelas sebesar 10,03% sedangkan variabel motivasi belajar siswa sebesar 8,83%, dengan demikian pemanfaatan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar matematika siswa dibandingkan motivasi belajar siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10779/19/lampiran_try_out.pdf PARTONO , PARTONO (2007) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020091
spellingShingle L Education (General)
PARTONO , PARTONO
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_full PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_fullStr PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_full_unstemmed PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_short PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_sort pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10779/
work_keys_str_mv AT partonopartono pengaruhpemanfaatanlingkungansekitarkelasdanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarmatematika