PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2) mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) mengetahu...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2007
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/10779/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh
pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2)
mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar matematika; (3) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan
lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak tahun pelajaran
2006/2007. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri I
Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan
sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas VII F yang diambil menggunakan
teknik random cluster sampling. Pengambilan data pemanfaatan lingkungan
sekitar dan motivasi belajar siswa menggunakan metode angket, sedangkan data
prestasi belajar siswa dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan regresi
linier ganda yang didahului dengan menguji persyaratannya. Hasil penelitian ini
adalah: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas berpengaruh secara signifikan
terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,370 pada signifikansi
5%, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi
belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,254, (3) pemanfaatan lingkungan sekitar
kelas dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 4,300 lebih besar dari Ftabel
sebesar 3,320 pada signifikansi 5%, dan koefisien korelasi R12y = 0,434; dan (4)
sumbangan efektif variabel pemanfaatan lingkungan kelas sebesar 10,03%
sedangkan variabel motivasi belajar siswa sebesar 8,83%, dengan demikian
pemanfaatan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap
prestasi belajar matematika siswa dibandingkan motivasi belajar siswa. |
---|