ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal. Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIYANTO , HERRY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10778/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995163395719168
author YULIYANTO , HERRY
author_facet YULIYANTO , HERRY
author_sort YULIYANTO , HERRY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal. Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literatur Media Sukses tahun 2005 yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Soal cerita matematika ini terdiri dari 19 butir soal cerita yang berbentuk essay. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Perbandingan jumlah soal yang mudah, sedang dan sukar soal pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II sudah memenuhi kriteria tingkat kesukaran. Untuk soal pada buku tersebut diperoleh perbandingan mudah : sedang : sukar adalah 4 : 12 : 3, (2) Soal pada buku pelajaran matematika kontekstual kelas VII semester II mampu membedakan antara siswa yang berkemampuan rendah dengan siswa yang berkemampuan tinggi dengan baik. Sebanyak 15 item dari 19 item dinyatakan mempunyai indeks daya pembeda kuat, (3) sebanyak 17 item soal dinyatakan valid dan 2 item soal dinyatakan tidak valid; dan (4) Reliabilitas soal cerita pada buku pelajaran metematika kontekstual kelas VII semester II tahun 2005 diperoleh angka sebesar 0.602 atau 60,2%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10778
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10778 https://eprints.ums.ac.id/10778/ ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006 YULIYANTO , HERRY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal. Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literatur Media Sukses tahun 2005 yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Soal cerita matematika ini terdiri dari 19 butir soal cerita yang berbentuk essay. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Perbandingan jumlah soal yang mudah, sedang dan sukar soal pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II sudah memenuhi kriteria tingkat kesukaran. Untuk soal pada buku tersebut diperoleh perbandingan mudah : sedang : sukar adalah 4 : 12 : 3, (2) Soal pada buku pelajaran matematika kontekstual kelas VII semester II mampu membedakan antara siswa yang berkemampuan rendah dengan siswa yang berkemampuan tinggi dengan baik. Sebanyak 15 item dari 19 item dinyatakan mempunyai indeks daya pembeda kuat, (3) sebanyak 17 item soal dinyatakan valid dan 2 item soal dinyatakan tidak valid; dan (4) Reliabilitas soal cerita pada buku pelajaran metematika kontekstual kelas VII semester II tahun 2005 diperoleh angka sebesar 0.602 atau 60,2%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/1/Halaman_Depan_Skripsi.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/3/Bab_1_Fix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/4/bab_2_Fix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/7/bab_3_Fix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/9/Bab_4_Fix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/14/Bab_5_Fix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/17/Daftar_Pustaka_Fix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/20/Instrumen_penelitian.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10778/22/Olah_Data.pdf YULIYANTO , HERRY (2007) ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020092
spellingShingle L Education (General)
YULIYANTO , HERRY
ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
title ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
title_full ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
title_fullStr ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
title_full_unstemmed ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
title_short ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
title_sort analisis soal cerita pada buku pelajaran matematika kontekstual kelas vii semester ii smp muhammadiyah 1 surakarta tahun ajaran 2005 2006
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10778/
work_keys_str_mv AT yuliyantoherry analisissoalceritapadabukupelajaranmatematikakontekstualkelasviisemesteriismpmuhammadiyah1surakartatahunajaran20052006