ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal. Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10778/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat
kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal.
Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika
Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literatur Media Sukses tahun 2005 yang
digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Soal cerita matematika ini terdiri
dari 19 butir soal cerita yang berbentuk essay. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB
SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa:
(1) Perbandingan jumlah soal yang mudah, sedang dan sukar soal pada buku
pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II sudah memenuhi kriteria
tingkat kesukaran. Untuk soal pada buku tersebut diperoleh perbandingan mudah :
sedang : sukar adalah 4 : 12 : 3, (2) Soal pada buku pelajaran matematika kontekstual
kelas VII semester II mampu membedakan antara siswa yang berkemampuan rendah
dengan siswa yang berkemampuan tinggi dengan baik. Sebanyak 15 item dari 19 item
dinyatakan mempunyai indeks daya pembeda kuat, (3) sebanyak 17 item soal
dinyatakan valid dan 2 item soal dinyatakan tidak valid; dan (4) Reliabilitas soal
cerita pada buku pelajaran metematika kontekstual kelas VII semester II tahun 2005
diperoleh angka sebesar 0.602 atau 60,2%. |
---|