ANALISIS SOAL CERITA PADA BUKU PELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL KELAS VII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal. Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIYANTO , HERRY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10778/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dari segi: (1) tingkat kesukaran soal, (2) daya pembeda soal, (3) validitas soal, dan (4) reliabilitas soal. Penelitian ini dilakukan pada butir soal-soal cerita pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II terbitan Literatur Media Sukses tahun 2005 yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Soal cerita matematika ini terdiri dari 19 butir soal cerita yang berbentuk essay. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Perbandingan jumlah soal yang mudah, sedang dan sukar soal pada buku pelajaran Matematika Kontekstual kelas VII semester II sudah memenuhi kriteria tingkat kesukaran. Untuk soal pada buku tersebut diperoleh perbandingan mudah : sedang : sukar adalah 4 : 12 : 3, (2) Soal pada buku pelajaran matematika kontekstual kelas VII semester II mampu membedakan antara siswa yang berkemampuan rendah dengan siswa yang berkemampuan tinggi dengan baik. Sebanyak 15 item dari 19 item dinyatakan mempunyai indeks daya pembeda kuat, (3) sebanyak 17 item soal dinyatakan valid dan 2 item soal dinyatakan tidak valid; dan (4) Reliabilitas soal cerita pada buku pelajaran metematika kontekstual kelas VII semester II tahun 2005 diperoleh angka sebesar 0.602 atau 60,2%.