PENGARUH METODE INKUIRI DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH X SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika, siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode inkuiri dengan siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2007
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/10777/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi
belajar matematika, siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode
inkuiri dengan siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode
ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah X Surakarta sebanyak 78 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak
60 siswa. Sebelum dikenai perlakuan kedua kelas tersebut diserasikan dengan uji
beda mean yang berdasarkan nilai raport kelas VII semester II. Teknik
pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji
normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% diperoleh
thitung = 3,627 sedangkan ttabel = 1,645 sehingga ada perbedaan prestasi belajar
matematika yang menggunakan metode inkuiri dengan metode ekspositori. Untuk
mengetahui mana yang lebih baik dapat ditentukan dari nilai rata-rata siswa yang
menggunakan metode inkuiri sebesar 6,147 dan menggunakan metode ekspositori
sebesar 4,833, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil prestasi belajar
siswa yang menggunakan metode inkuiri lebih baik dari pada menggunakan
metode ekspositori. |
---|