PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Subyek penelitiannya adalah guru matematika kelas V SD 3 Al-Islam Gebang Surakarta yang bertindak sebagai subyek yang memberi tindakan, Kepala sekolah bertindak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ISLAMIYAH , NURUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10776/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995162851508224
author ISLAMIYAH , NURUL
author_facet ISLAMIYAH , NURUL
author_sort ISLAMIYAH , NURUL
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Subyek penelitiannya adalah guru matematika kelas V SD 3 Al-Islam Gebang Surakarta yang bertindak sebagai subyek yang memberi tindakan, Kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas V tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa yang meliputi komunikasi siswa dengan guru dan komunikasi siswa dengan siswa. Komunikasi matematika siswa dengan guru meningkat dengan aspek-aspek yang diamati yaitu, 1).Keaktifan siswa bertanya kepada guru pada putaran I sebesar 53,33 %, putaran II sebesar 66,67 %, dan putaran III sebesar 82,22%, 2). Keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru dengan mengkomunikasikan ide yang dimiliki pada putaran I sebesar 37,78 %, putaran II sebesar 48,89 %, dan putaran III mencapai sebesar 66,67%; 3). Keaktifan siswa mempresentasikan jawaban didepan kelas pada putaran I sebesar 42,22 %, putaran II sebesar 62,22 %, dan putaran III sebesar 75,56%. Komunikasi matematika siswa dengan siswa mengalami peningkatan dengan aspek-aspek yang diamati yaitu, 1). Keaktifan siswa berdiskusi dengan kelompok pada putaran I sebesar 55,56 %, putaran II sebesar 68,89 %, dan putaran III sebesar 77,78%, 2) Keaktifan siswa mengkomunikasikan ide yang dimiliki dalam kelompok pada putaran I sebesar 57,78 %, putaran II sebesar 68,89 %, dan putaran III sebesar 73,33%, 3). Kemampuan siswa mengerjakan soal latihan pada putaran I sebesar 48,89 %, putaran II sebesar 66,67 %, dan putaran III sebesar 77,78%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model investigasi kelompok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10776
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10776 https://eprints.ums.ac.id/10776/ PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan) ISLAMIYAH , NURUL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Subyek penelitiannya adalah guru matematika kelas V SD 3 Al-Islam Gebang Surakarta yang bertindak sebagai subyek yang memberi tindakan, Kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas V tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa yang meliputi komunikasi siswa dengan guru dan komunikasi siswa dengan siswa. Komunikasi matematika siswa dengan guru meningkat dengan aspek-aspek yang diamati yaitu, 1).Keaktifan siswa bertanya kepada guru pada putaran I sebesar 53,33 %, putaran II sebesar 66,67 %, dan putaran III sebesar 82,22%, 2). Keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru dengan mengkomunikasikan ide yang dimiliki pada putaran I sebesar 37,78 %, putaran II sebesar 48,89 %, dan putaran III mencapai sebesar 66,67%; 3). Keaktifan siswa mempresentasikan jawaban didepan kelas pada putaran I sebesar 42,22 %, putaran II sebesar 62,22 %, dan putaran III sebesar 75,56%. Komunikasi matematika siswa dengan siswa mengalami peningkatan dengan aspek-aspek yang diamati yaitu, 1). Keaktifan siswa berdiskusi dengan kelompok pada putaran I sebesar 55,56 %, putaran II sebesar 68,89 %, dan putaran III sebesar 77,78%, 2) Keaktifan siswa mengkomunikasikan ide yang dimiliki dalam kelompok pada putaran I sebesar 57,78 %, putaran II sebesar 68,89 %, dan putaran III sebesar 73,33%, 3). Kemampuan siswa mengerjakan soal latihan pada putaran I sebesar 48,89 %, putaran II sebesar 66,67 %, dan putaran III sebesar 77,78%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model investigasi kelompok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/1/A._Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/2/B._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/3/C._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/4/D._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/5/E._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/9/F._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/11/G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10776/24/H._Lampiran.pdf ISLAMIYAH , NURUL (2007) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020111
spellingShingle L Education (General)
ISLAMIYAH , NURUL
PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)
title PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)
title_full PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)
title_fullStr PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)
title_short PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD 3 AL-ISLAM Gebang Surakarta, Pokok Bahasan Pecahan)
title_sort peningkatan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran investigasi kelompok ptk pembelajaran matematika kelas v sd 3 al islam gebang surakarta pokok bahasan pecahan
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10776/
work_keys_str_mv AT islamiyahnurul peningkatankomunikasimatematikasiswamelaluimodelpembelajaraninvestigasikelompokptkpembelajaranmatematikakelasvsd3alislamgebangsurakartapokokbahasanpecahan