FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dari soal cerita, 2) memahami apa yang ditanyakan dari soal cerita, 3) menerapkan konsep- konsep yang telah dipelajari ke dalan soal cerita, 4) mengubah soal matematika...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILOWATI , ENDAR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10774/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995162308345856
author SUSILOWATI , ENDAR
author_facet SUSILOWATI , ENDAR
author_sort SUSILOWATI , ENDAR
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dari soal cerita, 2) memahami apa yang ditanyakan dari soal cerita, 3) menerapkan konsep- konsep yang telah dipelajari ke dalan soal cerita, 4) mengubah soal matematika ke bentuk-bentuk model matematika, 5) membuat pemecahan masalah dari soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi kelas, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami kalimat soal cerita yaitu siswa kurang mampu memahami dan mengerti bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan dalam menerapkan konsep yang dipelajari ke dalam soal cerita yaitu siswa tidak mengerti definisi, aturan, rumus, dalil yang diterapkan agar penerapan dalam situasi baru lancar; 3) kesulitan mengubah soal matematika ke bentuk model matematika yaitu siswa tidak bisa menterjemahkan persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika, 4) kesulitan memecahkan masalah yaitu siswa kurang memperhatikan penjelasan guru tentang langkah- langkah penyelesaian soal cerita serta masih kurangnya kemampuan berhitung.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10774
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10774 https://eprints.ums.ac.id/10774/ FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri) SUSILOWATI , ENDAR L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dari soal cerita, 2) memahami apa yang ditanyakan dari soal cerita, 3) menerapkan konsep- konsep yang telah dipelajari ke dalan soal cerita, 4) mengubah soal matematika ke bentuk-bentuk model matematika, 5) membuat pemecahan masalah dari soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi kelas, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami kalimat soal cerita yaitu siswa kurang mampu memahami dan mengerti bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan dalam menerapkan konsep yang dipelajari ke dalam soal cerita yaitu siswa tidak mengerti definisi, aturan, rumus, dalil yang diterapkan agar penerapan dalam situasi baru lancar; 3) kesulitan mengubah soal matematika ke bentuk model matematika yaitu siswa tidak bisa menterjemahkan persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika, 4) kesulitan memecahkan masalah yaitu siswa kurang memperhatikan penjelasan guru tentang langkah- langkah penyelesaian soal cerita serta masih kurangnya kemampuan berhitung. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/1/ENDAR-COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/3/ENDAR-1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/6/ENDAR-2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/8/ENDAR-3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/12/ENDAR-4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/15/ENDAR-5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/23/ENDAR-DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10774/26/ENDAR-LAMPIRAN.pdf SUSILOWATI , ENDAR (2007) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A.410020116
spellingShingle L Education (General)
SUSILOWATI , ENDAR
FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
title FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
title_full FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
title_fullStr FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
title_full_unstemmed FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
title_short FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
title_sort faktor faktor kesulitan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas iv sd studi kasus di sdn iv wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10774/
work_keys_str_mv AT susilowatiendar faktorfaktorkesulitanpenyelesaiansoalceritapadasiswakelasivsdstudikasusdisdnivwonogiri