FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus Di SDN IV Wonogiri)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dari soal cerita, 2) memahami apa yang ditanyakan dari soal cerita, 3) menerapkan konsep- konsep yang telah dipelajari ke dalan soal cerita, 4) mengubah soal matematika...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10774/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dari soal cerita,
2) memahami apa yang ditanyakan dari soal cerita, 3) menerapkan konsep-
konsep yang telah dipelajari ke dalan soal cerita, 4) mengubah soal matematika
ke bentuk-bentuk model matematika, 5) membuat pemecahan masalah dari soal
cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik wawancara, observasi kelas, dokumentasi dan catatan
lapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari
hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami kalimat
soal cerita yaitu siswa kurang mampu memahami dan mengerti bahasa yang
digunakan dalam soal; 2) kesulitan dalam menerapkan konsep yang dipelajari ke
dalam soal cerita yaitu siswa tidak mengerti definisi, aturan, rumus, dalil yang
diterapkan agar penerapan dalam situasi baru lancar; 3) kesulitan mengubah soal
matematika ke bentuk model matematika yaitu siswa tidak bisa menterjemahkan
persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika, 4) kesulitan memecahkan
masalah yaitu siswa kurang memperhatikan penjelasan guru tentang langkah-
langkah penyelesaian soal cerita serta masih kurangnya kemampuan berhitung. |
---|