HUBUNGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DAN KOMPUTASINYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (2) hubungan antara kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (3) hubungan antara kemampu...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SRIWIYANI , ASIH
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10773/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (2) hubungan antara kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (3) hubungan antara kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan komputasinya terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sukoharjo tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan komputasinya terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai Fhitung = 32,041 > Ftabel = 3,150, (2) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai thitung = 2,448 > ttabel = 1,96 (3) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai thitung= 6,325 > ttabel = 1,96, dengan persamaan garis regresi Y = 2,570 + 0,173 X1 + 0,520 X2 dan besarnya R² = 0,454. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 19,9% dan Sumbangan Efektif (SE) = 9,06% 2) sumbangan kemampuan komputasi (SR) = 80,1% dan sumbangan efektif (SE) = 80,1%.