HUBUNGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DAN KOMPUTASINYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (2) hubungan antara kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (3) hubungan antara kemampu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10773/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara
kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan
soal matematika bentuk cerita, (2) hubungan antara kemampuan komputasi
dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (3) hubungan
antara kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan komputasinya
terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sukoharjo
tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik
random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan
linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat
disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa
dalam membuat model matematika dan komputasinya terhadap kemampuan
menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai Fhitung = 32,041 > Ftabel
= 3,150, (2) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membuat model
matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita
dengan nilai thitung = 2,448 > ttabel = 1,96 (3) ada hubungan yang signifikan antara
kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika
bentuk cerita dengan nilai thitung= 6,325 > ttabel = 1,96, dengan persamaan garis
regresi Y = 2,570 + 0,173 X1 + 0,520 X2 dan besarnya R² = 0,454. Dari hasil
analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor sebagai berikut: 1) Sumbangan
relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 19,9% dan Sumbangan
Efektif (SE) = 9,06% 2) sumbangan kemampuan komputasi (SR) = 80,1% dan
sumbangan efektif (SE) = 80,1%. |
---|