PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANI , ENDANG
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10772/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995161766232064
author PURWANI , ENDANG
author_facet PURWANI , ENDANG
author_sort PURWANI , ENDANG
collection ePrints
description Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah dan peneliti sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang, tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 38 siswa sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru Matematika, dan kepala sekolah. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran matematika untuk menciptakan interaksi yang baik dengan siswa dan untuk menghindari dominasi guru dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Adanya peningkatan kemandirian siswa sebelum diadakan tindakan sebesar 23,68%, kemudian setelah diadakan tindakan meningkat menjadi 84,21%; 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru matematika keterbatasan alat peraga, proses pembelajaran yang membutuhkan waktu, yang relatif lama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Komunikasi Interaktif dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar Matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10772
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10772 https://eprints.ums.ac.id/10772/ PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta) PURWANI , ENDANG L Education (General) Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah dan peneliti sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang, tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 38 siswa sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru Matematika, dan kepala sekolah. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran matematika untuk menciptakan interaksi yang baik dengan siswa dan untuk menghindari dominasi guru dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Adanya peningkatan kemandirian siswa sebelum diadakan tindakan sebesar 23,68%, kemudian setelah diadakan tindakan meningkat menjadi 84,21%; 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru matematika keterbatasan alat peraga, proses pembelajaran yang membutuhkan waktu, yang relatif lama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Komunikasi Interaktif dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar Matematika. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/1/A._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/2/B._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/3/C._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/4/D._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/7/E._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/11/F._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/15/G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10772/18/H._Lampiran.pdf PURWANI , ENDANG (2007) PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020130
spellingShingle L Education (General)
PURWANI , ENDANG
PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
title PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
title_full PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
title_fullStr PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
title_short PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
title_sort peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran komunikasi interaktif ptk pembelajaran matematika kelas iv sd 3 al islam gebang kadipiro surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10772/
work_keys_str_mv AT purwaniendang peningkatankemandiriansiswamelaluimodelpembelajarankomunikasiinteraktifptkpembelajaranmatematikakelasivsd3alislamgebangkadipirosurakarta