PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INTERAKTIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD 3 AL-ISLAM Gebang Kadipiro Surakarta)
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha peningk...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/10772/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan proses pembelajaran
matematika melalui model pembelajaran Komumikasi Interaktif, 2) Mengetahui
peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi
Interaktif, 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam usaha
peningkatan kemandirian siswa melalui model pembelajaran Komunikasi
Interaktif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD 3 AI-Islam Gebang sebagai
subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah dan peneliti sebagai subjek yang
membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas
IV SD 3 AI-Islam Gebang, tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 38 siswa
sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara
peneliti, guru Matematika, dan kepala sekolah. Analisis data pada penelitian ini
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data dianalisis
sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Proses pembelajaran matematika untuk menciptakan interaksi yang
baik dengan siswa dan untuk menghindari dominasi guru dalam kegiatan belajar
mengajar; 2) Adanya peningkatan kemandirian siswa sebelum diadakan tindakan
sebesar 23,68%, kemudian setelah diadakan tindakan meningkat menjadi 84,21%;
3) Kendala-kendala yang dihadapi guru matematika keterbatasan alat peraga,
proses pembelajaran yang membutuhkan waktu, yang relatif lama. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Komunikasi
Interaktif dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar Matematika. |
---|