UPAYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERPIKIR REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (PTK SMK Muhammadiyah I Surakarta)

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa keberhasilan belajar tidak di tentukan oleh guru saja, tapi kemampuan dasar siswa dan juga karena pasifnya dalam belajar terutama belajar matematika. Masalah ini dibatasi pada berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal latihan, membuat kesimpulan materi pela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHARJO, SUGENG
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10770/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi bahwa keberhasilan belajar tidak di tentukan oleh guru saja, tapi kemampuan dasar siswa dan juga karena pasifnya dalam belajar terutama belajar matematika. Masalah ini dibatasi pada berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal latihan, membuat kesimpulan materi pelajaran, mengerjakan soal di depan kelas. Sedangkan motivasi siswa dibatasi pada bertanya, mengerjakan soal-soal latihan, mengerjakan soal di depan kelas, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan guru.Tujuannya agar guru dalam upaya pembelajaran matematika dengan metode berpikir reflektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Manfaatnya agar motivasi belajar siswa kelas ID SMK Muhammadiyah I Surakarta dengan menggunakan metode berpikir reflektif dapat tercapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Tempat Penelitian SMK Muhammadiyah I Surakarta.Waktu penelitian pada bulan April-Mei 2007. Subyek penelitian seluruh siswa kelas ID SMK Muhammadiyah I Surakarta. Peneliti dimulai dengan dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Instrumen penelitian melipuli pada pembelajaran matematika, berpikir Reflektif, peningkatan, motivasi Siswa.Validitas data yang digunakan adalah teknik triagulasi. Aktivitas belajar matematika siswa pada putara awal, putaran I, putaran II, putaran III, ditunjukan pada berpikir dalam mengerjakan soal-soal latihan ( 38,46 %, 48,64 % , 51,28 %, 52,5 % ), dalam membuat kesimpulan pelajaran ( 33,33 %, 40,54 %, 41,02 %, 45 % ), dalam mengerjakan soal di depan kelas ( 12,82 %, 13,51 %, 20,51 %, 22,5 % ), Sedangkan motivasi siswa ditunujukan dalam bertanya ( 0 %, 2,70 %, 2,56 % , 5,12 % ), mengerjakan latihan soal ( 51,28 %, 67,56 % ,76,92 %, 80 % ), mengerjakan soal di depan kelas ( 12,82 %, 13,51 %, 20,51 %, 22,5 % ), mengemukakan pendapat ( 2,56 %, 5,40, 5,12 %, 7,5 % ), menjawab pertanyaan guru ( 12,82 %, 13,51 %, 20,51 %, 22,5 % ). Analisis data dilakukan dengan metode alur yang menunjukan terjadinya peningkatan.