MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, memahami dan memaknai manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data: guru dan dokumen-...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUR’AEVI , KUR’AEVI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10766/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995160116822016
author KUR’AEVI , KUR’AEVI
author_facet KUR’AEVI , KUR’AEVI
author_sort KUR’AEVI , KUR’AEVI
collection ePrints
description Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, memahami dan memaknai manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data: guru dan dokumen- dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check. Teknik analisis data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) manajemen pembelajaran matematika di SMA tempat penelitian (a) perencanaan penbelajaran, meliputi program tahunan, program semester, program modul, program harian dan mingguan, program pengayaan dan remidial, kecuali di SMA N 1 tidak ada program modul, (b) pelaksanaan pembelajaran, dalam membuka pelajaran sudah berusaha menciptakan pra kondisi belajar siswa, kegiatan pengembangan pembelajaran tercipta interaksi antara siswa dan guru yang harmonis, dalam menutup pelajaran diberikan pos test dan PR, (c) penilaian pembelajaran diterapkan penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang saling berkesinambungan, (d) pengawasan pembelajaran dari kepala sekolah di SMA N 1sebanyak satu kali dalam satu semester dan di SMA Al-Islam sebanyak satu kali dalam dua smester, dilakukan diluar kelas serta ada umpan balik berupa bimbingan dan penyuluhan. (2) mutu hasil belajar di SMA tempat penelitian rata- rata, (a) mutu input kecenderungan untuk asal siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan, (1) manajemen pembelajaran, (a) perencanaan penbelajaran yang dibuat sudah memenuhi kebutuhan, (b) pelaksanaan pembelajaran sebagian besar sudah terlaksana sesuai perencanaan, (c) penilaian pembelajaran yang diterapkan belum optimal, (d) pengawasan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10766
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10766 https://eprints.ums.ac.id/10766/ MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta) KUR’AEVI , KUR’AEVI L Education (General) Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, memahami dan memaknai manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data: guru dan dokumen- dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check. Teknik analisis data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) manajemen pembelajaran matematika di SMA tempat penelitian (a) perencanaan penbelajaran, meliputi program tahunan, program semester, program modul, program harian dan mingguan, program pengayaan dan remidial, kecuali di SMA N 1 tidak ada program modul, (b) pelaksanaan pembelajaran, dalam membuka pelajaran sudah berusaha menciptakan pra kondisi belajar siswa, kegiatan pengembangan pembelajaran tercipta interaksi antara siswa dan guru yang harmonis, dalam menutup pelajaran diberikan pos test dan PR, (c) penilaian pembelajaran diterapkan penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang saling berkesinambungan, (d) pengawasan pembelajaran dari kepala sekolah di SMA N 1sebanyak satu kali dalam satu semester dan di SMA Al-Islam sebanyak satu kali dalam dua smester, dilakukan diluar kelas serta ada umpan balik berupa bimbingan dan penyuluhan. (2) mutu hasil belajar di SMA tempat penelitian rata- rata, (a) mutu input kecenderungan untuk asal siswa SMP Negeri dan SMP Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan, (1) manajemen pembelajaran, (a) perencanaan penbelajaran yang dibuat sudah memenuhi kebutuhan, (b) pelaksanaan pembelajaran sebagian besar sudah terlaksana sesuai perencanaan, (c) penilaian pembelajaran yang diterapkan belum optimal, (d) pengawasan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal, (2) mutu hasil belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan SMA Al-Islam 1 belum ideal. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/1/COVER_KUR%27AEVI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/11/BAB_IV_Kur%27aevi.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10766/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf KUR’AEVI , KUR’AEVI (2007) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030007
spellingShingle L Education (General)
KUR’AEVI , KUR’AEVI
MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_full MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_fullStr MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_full_unstemmed MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_short MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
title_sort manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar studi multi kasus di sma n 1 dan sma al islam 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10766/
work_keys_str_mv AT kuraevikuraevi manajemenpembelajaranmatematikasekolahberprestasidalampeningkatanmutuhasilbelajarstudimultikasusdisman1dansmaalislam1surakarta