MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR (Studi Multi Kasus di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta)
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, memahami dan memaknai manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan mutu hasil belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data: guru dan dokumen-...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10766/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, memahami dan memaknai
manajemen pembelajaran matematika sekolah berprestasi dalam peningkatan
mutu hasil belajar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian
di SMA N 1 dan SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data: guru dan dokumen-
dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data
dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check. Teknik
analisis data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) manajemen pembelajaran
matematika di SMA tempat penelitian (a) perencanaan penbelajaran, meliputi
program tahunan, program semester, program modul, program harian dan
mingguan, program pengayaan dan remidial, kecuali di SMA N 1 tidak ada
program modul, (b) pelaksanaan pembelajaran, dalam membuka pelajaran sudah
berusaha menciptakan pra kondisi belajar siswa, kegiatan pengembangan
pembelajaran tercipta interaksi antara siswa dan guru yang harmonis, dalam
menutup pelajaran diberikan pos test dan PR, (c) penilaian pembelajaran
diterapkan penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang saling
berkesinambungan, (d) pengawasan pembelajaran dari kepala sekolah di SMA N
1sebanyak satu kali dalam satu semester dan di SMA Al-Islam sebanyak satu kali
dalam dua smester, dilakukan diluar kelas serta ada umpan balik berupa
bimbingan dan penyuluhan. (2) mutu hasil belajar di SMA tempat penelitian rata-
rata, (a) mutu input kecenderungan untuk asal siswa SMP Negeri dan SMP
Swasta, rasio NUN siswa 0,84 dan 0,81; (b) mutu proses untuk angka tinggal
kelas 0% dan 5,1%, dropout 0% dan 0,03% dan kehadiran siswa 100%, (c) mutu
output untuk angka kenaikan 100% dan 96,6%, tingkat kelulusan 100%, (d) mutu
outcome angka melanjutkan studi 100% dan 75,8%. Kesimpulan, (1) manajemen
pembelajaran, (a) perencanaan penbelajaran yang dibuat sudah memenuhi
kebutuhan, (b) pelaksanaan pembelajaran sebagian besar sudah terlaksana sesuai
perencanaan, (c) penilaian pembelajaran yang diterapkan belum optimal, (d)
pengawasan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal, (2) mutu hasil
belajar, (a) mutu input belum ideal, (b) mutu proses, cenderung SMA N 1 ideal
dan SMA Al-Islam 1 belum ideal, (c) mutu output cenderung SMA N 1 ideal dan
SMA Al-Islam 1 belum ideal, (d) mutu outcome cenderung SMA N 1 ideal dan
SMA Al-Islam 1 belum ideal. |
---|