HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kleco II dan SDN Pabelan II tahun ajaran 2006/2007, yang merangkap sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpul...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10764/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995159569465344 |
---|---|
author | LESTARI, OKTARIA ANDRI |
author_facet | LESTARI, OKTARIA ANDRI |
author_sort | LESTARI, OKTARIA ANDRI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kleco II dan SDN Pabelan II tahun ajaran 2006/2007, yang merangkap sebagai sampel penelitian. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan banyak soal pemecahan masalah matematis (SDN Kleco II) dan siswa yang menggunakan buku dengan sedikit soal pemecahan masalah matematis (SDN Pabelan II), dengan = 5,768 > = 1,645 hitung tabel t t .
Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan banyak soal pemecahan masalah matematis (SDN Kleco II) adalah 9,8056 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan sedikit soal pemecahan
masalah matematis (SDN Pabelan II) adalah 6,2000. Dengan demikian ada hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10764 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10764 https://eprints.ums.ac.id/10764/ HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA LESTARI, OKTARIA ANDRI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kleco II dan SDN Pabelan II tahun ajaran 2006/2007, yang merangkap sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan banyak soal pemecahan masalah matematis (SDN Kleco II) dan siswa yang menggunakan buku dengan sedikit soal pemecahan masalah matematis (SDN Pabelan II), dengan = 5,768 > = 1,645 hitung tabel t t . Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan banyak soal pemecahan masalah matematis (SDN Kleco II) adalah 9,8056 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan sedikit soal pemecahan masalah matematis (SDN Pabelan II) adalah 6,2000. Dengan demikian ada hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10764/1/COVER_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10764/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10764/3/BAB_II_dan_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10764/4/Bab_IV_dan_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10764/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10764/12/Lampiran.pdf LESTARI, OKTARIA ANDRI (2007) HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030026 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education LESTARI, OKTARIA ANDRI HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
title | HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_full | HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_fullStr | HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_full_unstemmed | HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_short | HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_sort | hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/10764/ |
work_keys_str_mv | AT lestarioktariaandri hubunganantarabanyaknyasoalpemecahanmasalahmatematisdanhasilbelajarsiswa |