HUBUNGAN ANTARA BANYAKNYA SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kleco II dan SDN Pabelan II tahun ajaran 2006/2007, yang merangkap sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpul...

Πλήρης περιγραφή

Αποθηκεύτηκε σε:
Λεπτομέρειες βιβλιογραφικής εγγραφής
Κύριος συγγραφέας: LESTARI, OKTARIA ANDRI
Μορφή: Thesis
Γλώσσα:English
English
English
English
English
English
Έκδοση: 2007
Θέματα:
Διαθέσιμο Online:https://eprints.ums.ac.id/10764/
Ετικέτες: Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
Περιγραφή
Περίληψη:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kleco II dan SDN Pabelan II tahun ajaran 2006/2007, yang merangkap sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan banyak soal pemecahan masalah matematis (SDN Kleco II) dan siswa yang menggunakan buku dengan sedikit soal pemecahan masalah matematis (SDN Pabelan II), dengan = 5,768 > = 1,645 hitung tabel t t . Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan banyak soal pemecahan masalah matematis (SDN Kleco II) adalah 9,8056 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan buku dengan sedikit soal pemecahan masalah matematis (SDN Pabelan II) adalah 6,2000. Dengan demikian ada hubungan antara banyaknya soal pemecahan masalah matematis dan hasil belajar siswa.